Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 30 Januari 2014

"Strategi Pemasaran Jitu" dengan Differensiasi Marketing Mix


Pemasaran atau marketing tidak hanya sebatas marketing mix yang meliputi place, price, product dan promotion atau lebih dikenal dengan 4 P.[1] Namun hal tersebut tidaklah salah karena memang itulah pemsaran harus meliputi komponen tersebut. Dimana kita harus menyiapkan tempat untuk usaha kita, menyiapkan produk yang akan dijual, menetapkan harga untuk memenangkan persaingan pasar, dan strategi promosi yang efektif untuk memperoleh pelanggan/konsumen.


            Disamping memperhatikan ke-4 hal tersebut, terdapat komponen lain yang berpengaruh terhadap pemasaran meliputi need, want dan expectation pelanggan.[2]  Need berkaitan dengan kebutuhan pelanggan, sehingga seberapa produk dibutuhkan calon konsumen menjadi bahan pertimbangan yang akan berakibat pada perputaran persediaan dan menciptakan penjualan karena termasuk produk yang dibutuhkan.
            Want berkaitan dengan keinginan calon konsumen. Dalam hal ini kita juga harus memperhatikan keinginan konsumen baik tentang harga, produk,  strategi pemsaran dan tempat.  Sehingga tidak menutup kemungkinan akibat place (tempat) yang tidak pas dengan keinginan kebanyakan calon konsumen, bahwa tempat penjualan kita dengan sentra wisata misalnya, tidak menutup kemungkinan tidak jadi membeli karena enggan datang akibat jauh. Begitu juga dengan price, product dan promotion strategy harus menimbang keinginan calon pembeli.
            Seperti yang dijelaskan diawal bahwa 4 P saja tidaklah cukup. Dalam pemasaran harus mengkombinasikan ke-4 P tersebut dengan differensiation (Pembeda).[3] Pembeda disini harus meliputi keempat komponen marketing mix. Pertama, differensisi Produk. Produk yang kita produksi atau dijual meskipun jenis sama, namun memiliki perbedaan baik dengan aneka rasa, rasa yang khas, berat, serta tampilan kemasan dan lain-lain. Dengan harapan mempengaruhi minat konsumen.
            Kedua, diffrensiasi harga. Harga pun sangat menentukan dalam memenangkan pasar. Namun strategi perang harga bukanlah solusi yang terbaik. Karena bisa saja kita menurunkan Rp. 100 sementara pesaing Rp. 300,-. Jika terus-terusan tidak aka nada yang menang, malah bisa jadi jual modal. Meskipun hal tersebut tidak mungkin karena pengusaha pada dasarnya ingin ada margin untuk seluruh cost-nya. Hal yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan penetapan harga yang tidak jauh berbeda dengan pasar, namun memilki keunggulan dalam cara pembayaran. Misalnya pesaing harga Bakpia Rp. 26.000,-/kotak dengan isi sama. Dalam memenagkan pasar kita gunakan harga sama dengan differensiasi pada cara pembayaran, misalnya dengan fasilitas kartu kredit, tempo atau beli 2 gratis 1 dan lain sebagainya. Intinya perbedaan (differentiation).
            Ketiga, differensiasi tempat. Tempat juga berpengaruh terhadap adanya kunjungan. Dalam hal melalukan perbedaan, kita bisa menerapkan tempat yang memang pas dengan lokasi wisata (strategis), kemudian kita melakukan differensiasi dengan menyediakan lahan parkir yang luas dan gratis, ada tempat berfoto yang mencirikhaskan lokasi dengan pertimbangan setiap orang suka berfoto, ada tempat belajar cara produksi, atau hal lain yang membedakan tempat kita dengan orang lain.
            Keempat, differensiasi Strategi Promosi. Hal yang satu ini juga sangat penting. Karena strategi promosi juga akan menentukan tingkat penjualan. Startegi yang bisa dilakukan, ketika orang lain masih menerapkan strategi yang masih manual, kita membuat perbedaan dengan membuat fanspage di facebook, pencitraan di twitter, atau membuat blog yang memaparkan usaha kita, bahkan bisa toko online yang memudahkan orang lain berbelanja tanpa harus datang ke lokasi. Oleh karena itu differentiation sangatlah penting dalam pemasaran.
            Menurut Hermawan Kartajaya, differensiasi saja tidak cukup jika tidak dibarengi komunikasi yang efektif dan positioning. Positioning ini dapat dilakukan dengan gethok tular[4] (dalam bahasa jawa = informasi dari mulut ke mulut).
            Pada era sekarang, gethok tular ini bisa dilakuakn online maupun offline. Kalau offline, seperti yang dilakukan pendahulu dengan mengatakan kepada setiap yang kita temui tentang bisnis kita. Namun yang menjadi trend saat ini melalui sosial media di internet misalnya menggunakan facebook, twitter, dan social media lainnya.
1)      Facebook
      Facebook merupakan situs jejaring sosial yang fenomenanya mengguncang Indonesia.[5] Fenomena facebook ini ada yang bersifat negatif, dan ada juga yang positif. Di situs facebook kita dapat membuat sebuah komunitas, bahkan dapat menggerakan massa untuk melakukan demo. Dalam dunia bisnis, facebook ini digunakan untuk mencitrakan usahanya sehingga menghasilkan omset. Dalam hal inilah kita mengenal facebook marketing.
      Facebook Marketing, berasal dari dua kata yaitu facebook dan maketing yang berarti pemasaran facebook. Atau bisa diartikan pemasaran yang menggunakan situs jejaring sosial facebook untuk melakukan pemasaran online. Adapun tujuan menggunakan situs ini, secara lengkap dijelaskan sebagai berikut :[6]
a)      Membangun komunitas. Dalam facebook membangun komunitas merupakan hal yang penting, sehingga hal tersebut wajib dilakukan oleh para marketer facebook.
b)     Membuat Saling Terhubung. Dalam jual beli hubungan antara penjual dan pembeli sangat penting. Oleh karena itu, Facebook dapat digunakan untuk menciptakan hubungan tersebut.
c)      Menciptakan Kredibilitas. Kredibilitas adalah kualitas, kapabilitas, atau kekuatasn untuk menimbulkan kepercayaan dari orang lain. Oleh karena itu, tujuan dari facebook marketing adalah untuk mencipatakan hal tersebut.
d)     Komunikasi. Facebook dapat mempermudah komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu situs ini  dibutuhkan untuk mempermudah untuk komunikasi dalam pemasaran bisnis.
e)      Menjual. Kentungan situs ini, disamping yang sudah disebutkan diatas. Bisa juga digunakan untuk menjual produk.
f)       Mendatangkan Pengunjung. Tujuan menggunkan situs ini, adalah untuk mendatangkan pengunjung ke website kita. Hal tersebut karena kunjungan merupakan roh dari sebuah website. Menjadi hal yang sia-sia jika website yang kita bangun sepi pengunjung.

2)      Twitter
      Twitter adalah salah satu situs jejaring sosial yang sangat popular di dunia, bahkan disebut-sebut sebagai situs microblogging terbaik di dunia.[7] Sehingga alasan penggunaan situs ini sangat penting adalah benar. Hal tersebut dikarenakan kemudahan masyarkat dalam mengakses internet, baik melalui Blackberry, dan gadget-gedget canggih lainnya yang bisa digunakan untuk mengakses situs ini.


                [1] MarkPlus & Co, “ Seri element Marketing Hermawan Kartajaya on Marketing Mix”, Mizan Utama : Bandung, 2009, hlm. 28
                [2] Ibid.
                [3] Ibid.
                [4] Ibid. hlm. 30
                [5] Jefferly Herlianthusonfri dan Java Creativity, “Buku Pintar Facebook dan Twitter Marketing”, Elex Media Komputindo : Jakarta, 2012, hlm. 1
                [6] Ibid. hlm. 3-4
                [7] Ibid. 191 

0 komentar:

Posting Komentar