Pemasaran atau marketing tidak hanya sebatas marketing
mix yang meliputi place, price,
product dan promotion atau lebih
dikenal dengan 4 P.[1]
Namun hal tersebut tidaklah salah karena memang itulah pemsaran harus meliputi
komponen tersebut. Dimana kita harus menyiapkan tempat untuk usaha kita,
menyiapkan produk yang akan dijual, menetapkan harga untuk memenangkan persaingan
pasar, dan strategi promosi yang efektif untuk memperoleh pelanggan/konsumen.
Disamping memperhatikan ke-4 hal tersebut, terdapat
komponen lain yang berpengaruh terhadap pemasaran meliputi need, want dan expectation pelanggan.[2] Need berkaitan
dengan kebutuhan pelanggan, sehingga seberapa produk dibutuhkan calon konsumen
menjadi bahan pertimbangan yang akan berakibat pada perputaran persediaan dan
menciptakan penjualan karena termasuk produk yang dibutuhkan.
Want berkaitan
dengan keinginan calon konsumen. Dalam hal ini kita juga harus memperhatikan
keinginan konsumen baik tentang harga, produk,
strategi pemsaran dan tempat. Sehingga tidak menutup kemungkinan akibat place (tempat) yang tidak pas dengan
keinginan kebanyakan calon konsumen, bahwa tempat penjualan kita dengan sentra
wisata misalnya, tidak menutup kemungkinan tidak jadi membeli karena enggan
datang akibat jauh. Begitu juga dengan price,
product dan promotion strategy harus menimbang keinginan calon pembeli.
Seperti yang
dijelaskan diawal bahwa 4 P saja tidaklah cukup. Dalam pemasaran harus
mengkombinasikan ke-4 P tersebut dengan differensiation
(Pembeda).[3]
Pembeda disini harus meliputi keempat komponen marketing mix. Pertama, differensisi Produk. Produk yang kita
produksi atau dijual meskipun jenis sama, namun memiliki perbedaan baik dengan
aneka rasa, rasa yang khas, berat, serta tampilan kemasan dan lain-lain. Dengan
harapan mempengaruhi minat konsumen.
Kedua, diffrensiasi harga. Harga pun sangat
menentukan dalam memenangkan pasar. Namun strategi perang harga bukanlah solusi
yang terbaik. Karena bisa saja kita menurunkan Rp. 100 sementara pesaing Rp.
300,-. Jika terus-terusan tidak aka nada yang menang, malah bisa jadi jual modal.
Meskipun hal tersebut tidak mungkin karena pengusaha pada dasarnya ingin ada
margin untuk seluruh cost-nya. Hal
yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan penetapan harga yang tidak jauh
berbeda dengan pasar, namun memilki keunggulan dalam cara pembayaran. Misalnya
pesaing harga Bakpia Rp. 26.000,-/kotak dengan isi sama. Dalam memenagkan pasar
kita gunakan harga sama dengan differensiasi pada cara pembayaran, misalnya
dengan fasilitas kartu kredit, tempo atau beli 2 gratis 1 dan lain sebagainya.
Intinya perbedaan (differentiation).
Ketiga, differensiasi tempat. Tempat
juga berpengaruh terhadap adanya kunjungan. Dalam hal melalukan perbedaan, kita
bisa menerapkan tempat yang memang pas dengan lokasi wisata (strategis),
kemudian kita melakukan differensiasi dengan menyediakan lahan parkir yang luas
dan gratis, ada tempat berfoto yang mencirikhaskan lokasi dengan pertimbangan
setiap orang suka berfoto, ada tempat belajar cara produksi, atau hal lain yang
membedakan tempat kita dengan orang lain.
Keempat, differensiasi Strategi
Promosi. Hal yang satu ini juga sangat penting. Karena
strategi promosi juga akan menentukan tingkat penjualan. Startegi yang bisa
dilakukan, ketika orang lain masih menerapkan strategi yang masih manual, kita
membuat perbedaan dengan membuat fanspage
di facebook, pencitraan di twitter, atau membuat blog yang memaparkan usaha
kita, bahkan bisa toko online yang
memudahkan orang lain berbelanja tanpa harus datang ke lokasi. Oleh karena itu differentiation sangatlah penting dalam
pemasaran.
Menurut Hermawan
Kartajaya, differensiasi saja tidak cukup jika tidak dibarengi komunikasi yang
efektif dan positioning. Positioning ini dapat dilakukan dengan gethok tular[4]
(dalam bahasa jawa = informasi dari mulut ke mulut).
Pada era sekarang, gethok
tular ini bisa dilakuakn online
maupun offline. Kalau offline, seperti yang dilakukan
pendahulu dengan mengatakan kepada setiap yang kita temui tentang bisnis kita.
Namun yang menjadi trend saat ini melalui sosial media di internet misalnya
menggunakan facebook, twitter, dan social
media lainnya.
1)
Facebook
Facebook merupakan situs jejaring sosial yang fenomenanya
mengguncang Indonesia.[5]
Fenomena facebook ini ada yang bersifat negatif, dan ada juga yang positif. Di
situs facebook kita dapat membuat sebuah komunitas, bahkan dapat menggerakan
massa untuk melakukan demo. Dalam dunia bisnis, facebook ini digunakan untuk
mencitrakan usahanya sehingga menghasilkan omset. Dalam hal inilah kita
mengenal facebook marketing.
Facebook Marketing,
berasal dari dua kata yaitu facebook
dan maketing yang berarti pemasaran
facebook. Atau bisa diartikan pemasaran yang menggunakan situs jejaring sosial
facebook untuk melakukan pemasaran online.
Adapun tujuan menggunakan situs ini, secara lengkap dijelaskan sebagai berikut
:[6]
a) Membangun komunitas.
Dalam facebook membangun komunitas merupakan hal yang penting, sehingga hal
tersebut wajib dilakukan oleh para marketer facebook.
b)
Membuat
Saling Terhubung. Dalam jual beli hubungan antara penjual
dan pembeli sangat penting. Oleh karena itu, Facebook dapat digunakan untuk
menciptakan hubungan tersebut.
c) Menciptakan Kredibilitas.
Kredibilitas adalah kualitas, kapabilitas, atau kekuatasn untuk menimbulkan
kepercayaan dari orang lain. Oleh karena itu, tujuan dari facebook marketing
adalah untuk mencipatakan hal tersebut.
d)
Komunikasi.
Facebook
dapat mempermudah komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu
situs ini dibutuhkan untuk mempermudah
untuk komunikasi dalam pemasaran bisnis.
e) Menjual.
Kentungan situs ini, disamping yang sudah disebutkan diatas. Bisa juga
digunakan untuk menjual produk.
f)
Mendatangkan
Pengunjung. Tujuan menggunkan situs ini, adalah
untuk mendatangkan pengunjung ke website kita. Hal tersebut karena kunjungan
merupakan roh dari sebuah website. Menjadi hal yang sia-sia jika website yang
kita bangun sepi pengunjung.
2)
Twitter
Twitter
adalah salah satu situs jejaring sosial yang sangat popular di dunia, bahkan
disebut-sebut sebagai situs microblogging
terbaik di dunia.[7]
Sehingga alasan penggunaan situs ini sangat penting adalah benar. Hal tersebut
dikarenakan kemudahan masyarkat dalam mengakses internet, baik melalui
Blackberry, dan gadget-gedget canggih lainnya yang bisa digunakan untuk
mengakses situs ini.
0 komentar:
Posting Komentar